Malhikdua.com

Tentang Kami

M2 Diaspora (varian dari M2Net), adalah Grup Diskusi yang fokus dalam bahasan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Di samping itu, M2 Diaspora konsen dalam mengelola Blog Malhikdua, sebuah Layanan Blog Hosting dari MA Al Hikmah Ponpes Al Hikmah 2 – dalam upayanya melayani santri demi membudayakan kegiatan menulis dan berbagi lewat dunia maya (serving).

Banyak orang bertanya kenapa blog santri tidak ditaruh di blogspot, wordpress, blogdetik, atau lainnya? Bukankah membuat sebuah engine blog hosting sendiri itu cukup njlimet. Belum lagi maintenance cost per bulan yang tidak bisa dibilang murah.

Ya, secara umum begitu pertanyaan yang sering berhembus. Seolah menganggap blog santri sangatlah sederhana. Barangkali masih ada pula yang berparadigma bahwa IT apalagi dunia perblogeran mustahil tumbuh dan berkembang dikalangan santri lantaran image jumud yang melekat selama ini.

Tentu saja berbagai opini itu tidak seratus persen salah, pun benar. Memang sampai detik ini masih banyak yang memanfaatkan layanan blog gratis untuk website instansi, komunitas, organisasi, juga blog pribadi tentunya sebagaimana fungsi utama. Tapi kondisi di pesantren tidak bisa disamakan dengan kondisi lain. Tak umum. Perlu pemikiran khusus yang pastinya lebih njlimet dari mengelola blog itu sendiri.

Bermula dari sulitnya santri-santri di pesantren dalam akses internet. Disamping jumlah fasilitas yang tidak sebanding dengan jumlah santri, tekanan-tekanan dari pihak pengelola (kala itu) juga sering membuat ciut nyali para santri yang ingin menjelajah dunia maya. Kisah gelap santri terus mewarnai pro kontra internet. Seperti beberapa santri yang harus merelakan rambutnya dipangkas sebagai ta\’zir (hukuman, red) akibat kepergok memiliki sebuah akun di jejaring sosial. Atau ngantuknya para santri pada jam ngaji yang kerap digathukkan dengan keasyikan ngenet.

Internet memang jadi momok di pesantren, setidaknya di tempat kami. Seribu manfaat kebaikan internet tak mampu menundukkan hati pengurus. Ya, bagaimana lagi. Seribu kejahatan juga datang dari internet. Kamipun mengetahui itu.

Tak ingin terusan-terusan berpolemik. Beberapa santri melakukan usaha gerilya untuk sebuah cita-cita besar. Maka dibuatlah nama malhikdua.com untuk perangkat ngeblog (sebelumnya blogmalhikdua.com. Malhikdua sendiri adalah ‘brand’ dari Madrasah Aliyah Al Hikmah Dua Benda). Dengan nama yang identik sekolah, para onliners di pesantren (khususnya di wilayah malhikdua) punya alasan jitu agar tetap bisa ngeblog: “Kelola web sekolah!”.

Bandingkan kalau menggunakan blogspot, wordpress, multiplay, atau lainnya. Citra bahwa santri sering menghabiskan waktu di Internet tetap semakin menguat.

Manfaat lain, ada kebanggaan yang bisa ditanamkan kepada santri bahwa akhirnya kami tak identik dengan katro (meski dalam banyak hal seringkali tampak katro. Masih ingat betapa senangnya seorang Dloen yang anak bahasa ternyata bisa pegang mouse, padahal maksudnya mau diajari ngeblog. Atau Faisol, perintis blog, di hotel dia mengira ada handuk jatuh, padahal memang keset. Atau si Miftah yang ringan sekali memasukkan printer modif dalam tas sampai tinta berceceran sepanjang jalan.)

Akhir ceriita, dengan nama yang lokal ini (bukan wordpress, blogspot, multiply) para santri bakal lebih memilih memposting dunia terdekatnya; tentang asrama, tentang takzir (hukuman), tentang makanan khas desa, dan tak ketinggalan pula mengunggah apa yang didapat dari ngajinya. Setidaknya itu yang kami harapkan.

Berhasilkah?

Wallahu’alam..

Ada banyak penyedia layanan blog di internet yang dapat dipilih blogger sebagai tempat hosting blog, mulai dari yang tidak berbayar alias gratis sampai yang berbayar. Blog Malhikdua adalah salah satu penyedia layanan blog yang tidak memungut bayaran. Apa sih enaknya nge-blog di Malhikdua? Mengapa harus nge-blog di Malhikdua? Simak paparan keuntungannya berikut ini:

1. Khas Santri
Sejak awal, blog malhikdua diutamakan untuk santri dengan beragam manfaatnya. Jika anda ngeblog di sini sudah dipastikan anda akan berjejaring dengan santri-santri. Suasana komunitas pun akan anda rasakan. Sendal Selen adalah nama komunitas blogger di Malhikdua, tracknya sudah cukup menyebar di berbagai event gathering blogger di Indonesia.

2. Servernya lokal
Blog Malhikdua menggunakan server lokal (servernya berlokasi di Indonesia), sehingga akses blog akan lebih cepat dibandingkan dengan blog yang hosting-nya berada di luar negeri seperti www.wordpress.com, www.blogger.com dan hosting luar negeri lainnya. Apalagi jika mayoritas pembaca blog Anda berdomisili di Indonesia, tentu pembaca akan mengakses blog Anda lebih cepat. Penggunaan server lokal juga akan menghemat bandwidth internasional yang tentunya kita turut membantu menghemat devisa negara.

3. Kapasitas 500 MB
Blog Malhikdua menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 500 Megabyte (MB). Kapasitas ini bisa dibilang cukup untuk keperluan siswa, santri, dan guru. Jika memang masih kurang, bisa menghubungi admin untuk mengupgradenya

4. Tampil di Blog Pilihan berdasar kategori
Setiap postingan terbaik akan ditampilkan di blog pilihan Malhikdua. Penempatan postingan dikategorikan berdasar jenis, seperti cerpen, citizen, mata pelajaran, photoblog, novel, tips dan trik, curhat, dan lain-lain. Ini menjadi salah satu cara bagi mereka yang ingin mempromosikan blognya ke publik.

5. Plugin yang terus ditambah
Blog Malhikdua menyediakan banyak plugin yang tak disediakan oleh penyedia layanan lain. Misalnya, plugin untuk membuat tabel, plugin untuk menuliskan fungsi aritmatik, plugin agregator, dan lain-lain.

6. Layanan admin 24 Jam
Kehadiran Blog Malhikdua sebagai salah satu penyedia layanan blog gratis di Indonesia bukanlah iseng belaka. Blog Malhikdua selalu menjaga kualitas layanannya. Jadi jangan khawatir jika blog Anda bermasalah, ada admin yang selalu siap siaga 24 jam dan bisa dihubungi kapanpun lewat e-mail, telepon bahkan layanan Yahoo Messanger.

7. Theme yang terus bertambah
Tersedia lebih dari 300 theme menarik di Blog Malhikdua yang mempermudah Anda mempercantik tampilan blog. Cocok untuk para remaja yang menjadi mayoritas pengguna Malhikdua. Hanya dengan beberapa kali klik dan tanpa perlu menginstal-instal, tampilan blog Anda langsung berubah sesuai theme yang dipilih.

Pelayanan prima 24×7 jam!

Silahkan copy code dibawah ini dan tempel di website Anda.

Versi Banyumas
Ukuran : 250px x 256px

Kode:

Versi Sunda
Ukuran : 250px x 134px

Kode:

Tunggu selalu versi lainnya!

Malhikdua.com – Ekspresi Santri Masa Kini

Penyedia layanan blog berbasis sekolah dan pesantren pertama di Indonesia.
Tetap terhubung bersama kami :)

Masuk/Daftar