Malhikdua.com

Bagaimana Cara Dunia Merayakan Pergantian Tahun?

Dalam hitungan jam, kita akan segera merayakan momen pergantian tahun. Momen tersebut sering direfleksikan sebagai momen yang tepat untuk mengoreksi diri dan membuat resolusi untuk tahun yang akan segera...

Resolusi 2018 Versi Puthel

Hello Gaes? ngga kerasa, yah bentar lagi 2018. Gue males membahasa tarik ulur keabsahan merayakan tahun baru dari perspektif agama.  Males, mainstream, buang-buang energi, menyulut permusuhan, dan lain – lain...

Ternyata Dilan Keliru Soal Rindu

Hello pecinta novel Dilan, how’s life? Harusnya sih kalian lagi bahagia-bahagianya dan gak sabar nunggu film Dilan bakal rilis, semoga aja gitu. Jadi film Dilan yang diadaptasi dari trilogi novel Dilan 1990...

4 Hal Yang Harus Masisir (Mahasiswa Indonesia Mesir) Sabar Menghadapi

1. Warga Mesir yang Jahat Well, tidak semua warga Mesir itu seperti Nabi Musa as, ada saja yang seperti Fir’aun la’natullah ‘alaih. Kejahatan mereka pun beraneka ragam. Mulai dari perampokan, penjambretan...

Main-main ke Kendal, Jangan Lupa ke Pasar Ini. Unik loh

Hayo tebak ini dimana? clue nya bertempat di Semarang. Hm banyak dolanan tempo doeloe, banyak kuliner-kuliner tradisional khas Indonesia, dan acaranya hanya setiap minggu. Penasaran kan ini dimana? Jadi...

Tulisan Teranyar

Lulusan Al Azhar Sepi Kontribusi di Indonesia

Stigma yang mengatakan bahwa semua lulusan Al Azhar itu harus jadi muballig itu menurut saya kurang tepat. Semua orang berekspektasi lulusan Al Azhar harus bisa mengajar seperti Ust Abdul Somad. Seakan-akan jalan...

Muhasabah di Depan Cermin

Jari jemariku bisu Tak bersuara, Tak bisa mengumandangkan mars-mars cinta Pikiran ini beku, tak bisa merayu Bahkan dengan satu stanza pun yang paling kaku Apakah aku malu atau jemu? Jangan pernah kau berbohong wahai...

Toleransi Beragama dan Iman "Anak TK" Kita

Toleransi bergama di bulan puasa yang bagaimanakah sebenarnya? Ketika ada warung makan buka siang hari, lalu kita tergoda, mengapa tidak kita periksa iman kita? Beda lagi jika warung itu sengaja buka untuk menggoda yang...

Peran Pewaris Nabi(?)

Seperti biasa di hari jumat siang pasti cuaca akan sangat panas. Orang-orang berbondong-bondong pergi ke masjid. Di luar gerbang samping masjid biasa orang berlalu-lalang, pengemis-pengemis pun tak kalah duduk...

Sudah Selesai?

Ada yang mendekatiku untuk mengetahui seberapa kemampuanku lalu menjatuhkanku. Ada yang ingin menjadi temanku karena merasa aku memiliki kualitas lebih. Ada yang mengagumiku lalu bersikap segan padaku. Ada yang...

Mana Sebenarnya Harta Kita?

Hartamu yang kamu bawa di sakumu itu bukan punyamu. Itu punya penjaga toko, kasir, pom bensin dan ahli warismu. Adapun hartamu itu yang kamu sedekahkan untuk fakir, orang yang membutuhkan atau untuk waqaf. Hartamu...

Masuk/Daftar

/* ]]> */