Malhikdua.com

Blog Tematik 5: Hari Blogger Nasional

Besok (27/10) para blogger memperingati Hari Blogger Nasional untuk kali ketujuh. Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu.

Saat ini blog tak lagi menjadi tempat curahan hati individu, tapi juga bisa menjadi tempat untuk membuka peluang bisnis di dunia nyata. Jika sebelumnya manfaat lain dari dunia blogging tak lebih dari jumpa darat, kali ini konsep blogging mulai dikombinasikan dengan unsur bisnis yang mulai menekankan pentingnya para blogger untuk bisa mengelola blog lebih serius, agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Bisa menjadi sumber penghasilan, memperluas jaringan pertemanan, dan lainnya.

Secara global, blog adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media blogger pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab,  yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Sejak itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimiliki.

Blog menjadi semakin populer di Indonesia, ketika banyak orang yang kemudian menjadi terkenal hanya karena hobi menulis blog. Ambil contoh Raditya Dika. Karena menulis blog, Raditya Dika menjadi pemenang Indonesian Blog Award dan The Online Inspiring Awards 2009 oleh Indosat. Dari penghargaan tersebut, ia memberanikan diri mencetak isi blog-nya dan buku pertama terbit dengan judul Kambing Jantan. Buku ini merupakan catatan hariannya yang selama ini ditulis di blog kemudian dibukukan dan mendapat penjualan terbaik dalam skala nasional.

Dari sisi penyedia blog, beberapa provider tumbuh kembang dengan pesat di Indonesia. Sebutlah Blog Detik yang saat ini telah memiliki ribuan blogger, juga Kompasiana yang telah berkembang menjadi Social Blog atau blog terbuka bersama para jurnalis harian Kompas dan Kompas Gramedia (KG) serta beberapa orang penulis tamu dan artis.

Dan bersamaan dengan tahun itu pula, lahir Blog Malhikdua yang menjadi pioner engine blog berbasis pesantren. Layanan Blog Hosting dari MA Al Hikmah Ponpes Al Hikmah 2 ini hadir dalam upayanya melayani santri demi membudayakan kegiatan menulis dan berbagi lewat dunia maya (serving) . Blog Malhikdua juga menjadi sarana santri dalam membangun jaringan silaturahmi dengan dunia luar (networking).

Yup. Blog Malhikdua, blog kita punya. Cukup panjang juga usianya. Menyongsong Hari Blogger Nasional ini, pengelola Malhikdua.com mengajak rekan siswa/i Malhikdua untuk menulis bertemakan “ngeblog di Malhikdua”. Anda pasti punya pengalaman suka duka saat menggunakan blog ini. Bagi pengguna baru, tentunya penggunaan platform blog Malhikdua memiliki kesan tersendiri ditengah ramainya penyedia-penyedia lain.

Tuangkan tulisan Anda tentang Blog Malhikdua dalam bentuk opini, kisah, puisi, berita, foto/video, atau mungkin berupa saran, kritik dan harapan demi pengembangan Malhikdua yang lebih baik. Ditulis di Blog Malhikdua. Jika sudah, silakan kirim URL postingan dengan mengisi formulir di sini. ( http://malhikdua.com/formulir-pendaftaran-kontes/ )

Satu blogger terbaik yang menulis sesuai dengan tema akan mendapat bingkisan menarik dari Malhikdua.com. Ops!!, tunggu dulu, bingkisan di seri ke-5 ini ada kalau yang ikutan lebih dari 10 siswa/i. Buruan ajak teman ya, buruan posting juga. Kontes akan ditutup tanggal 7 November 2015.

Punggawa

Penjaga gawang malhikdua dot com :)

Malhikdua.com – Ekspresi Santri Masa Kini

Penyedia layanan blog berbasis sekolah dan pesantren pertama di Indonesia.
Tetap terhubung bersama kami :)

Masuk/Daftar