Malhikdua.com
Info pembuatan alamat Blog dan Tips memilih nama (2)

Info pembuatan alamat Blog dan Tips memilih nama (2)

Apalah arti sebuah nama. Tetapi, di Internet nama menjadi penting. Awal tahun 2000, pernah muncul berita di www.detik.com tentang nama domain gusdur.com yang dijual dengan harga 10 ribu dolar AS atau setara dengan Rp. 10.000.000,-. Selain gusdur.com, kurang lebih ada seribu nama domain lain yang tergolong nama domain bagus dijual. Beberapa nama orang terkenal yang dijadikan nama domain antara lain habibie.com, amienrais.com, biyan.com, djody.com, syahrir.com, tanudjaja.com, prajudi.com, sampai megawati.com. Hampir semua nama domain dengan awalan “indo” (menunjukkan atau kependekan dari Indonesia) dijajakan di situs itu, contohnya indometro.com, indofauna.com, indoniaga.com, indocake.com, indomode.com. Banyak sekali kata-kata umum dalam kamus dijadikan nama domain dengan ditambahkan “indo” di depannya.

Kenapa mereka perlu memilih nama tersebut?

Menurut Darren Rowse, ada beberapa faktor penting yang layak diperhitungkan sebelum memilih nama domain.

TUJUAN
Ini adalah pertimbangan utama yang harus dimiliki. Jika Anda mampu merumuskan tujuan ini dengan baik, langkah selanjutnya akan lebih gampang.

Coba ditimbang-timbang dulu:
-Apa topik blog Anda? Hampir semua nama domain blog mencerminkan topiknya.
-Apa yang ingin Anda capai dengan blog Anda? Apakah itu jurnal dari hobi Anda; memperkuat profil atau keahlian Anda; -Bagaimana blog Anda? Apakah ini blog dengan bloggernya Anda sendiri atau terdiri dari beberapa blogger? Seberapa panjang posting rata-rata yang akan ditampilkan?
-Bagaimana yang ingin diekspressikan? Semacam percakapan, berita, humor atau yang ringan-ringan?
-Siapa audiens yang ingin dibidik? Kalangan profesional, anak muda, atau para geek?
Jawaban-jawaban Anda terhadap pertanyaan di atas akan membuat pilihan Anda terhadap nama domain jadi lebih sempit dan fokus.

SUMBER TRAFFIC.
Traffic untuk blog umumnya berasal dari tiga sumber:
-Pembaca loyal
-Mesin pencari
-Refferal traffic
Salah satu faktor yang akan mempengaruhi sumber traffic Anda adalah nama domain.

KATA KUNCI DAN BRANDING
Banyak diskusi yang membahas soal nama domain yang berangkat dari pemanfaatan kata kunci atau nama brand generik. Bagaimana pertimbangannya?

1. Domain Berbasis Kata Kunci. Nama domain kategori ini sengaja mencari kata kunci yang populer sehingga mudah dideteksi oleh mesin pencari. Contoh: islam, muslim, dan hikmah.
2. Domain Berbasis Brand. Jika punya keyakinan brand yang akan Anda usung bisa cepat terkenal, tidak ada salahnya Anda memilih nama domain yang unik dan mencerminkan brand anda sendiri. Contoh: oblong, katrok.

PANJANG DOMAIN
Memilih nama domain yang hanya satu kata sangatlah bagus. Tapi jika anda telat memilih tentunya akan didahului orang lain. Jika itu terjadi, kombinasi dua kata mungkin bisa dijadikan taktik.

MUDAH DIINGAT
Di luar soal ketersediaan, sebaiknya pilih kata atau nama domain yang mudah diingat. Sebaiknya jangan diberi nama yang aneh-aneh, yang hanya Anda yang suka atau tahu maknanya. Domain yang gampang diingat akan berdampak positif bagi orang untuk kembali berkunjung ke blog Anda.

LEGAL

Sebaiknya Anda tidak menggunakan nama (atau kombinasi) yang sudah menjadi merek dagang jika Anda tak ingin repot untuk pindah domain beberapa bulan berikutnya gara-gara dituntut oleh perusahaan yang namanya anda comot.

Sumber:

http://www.junjungpurba.com
http://www.wattpad.com
http://www.victorsetyono.com/

Punggawa

Penjaga gawang malhikdua dot com :)

2 comments

Malhikdua.com – Ekspresi Santri Masa Kini

Penyedia layanan blog berbasis sekolah dan pesantren pertama di Indonesia.
Tetap terhubung bersama kami :)

Masuk/Daftar